Pemanfaatan
Internet Untuk Iklan
Nama : Muhammad Faris B
NIM :
16.12.9405
UNIVERSITAS
AMIKOM YOGYAKARTA
2016/2017
Abstrak
Karya ilmiah ini membahas tentang pemanfaatan iklan pada
internet. Sejak munculnya internet, iklan di World Wide Web telah sangat
populer. Banyak perusahaan, perusahaan dan bisnis telah mengambil keuntungan
dari informasi ini dan Anda dapat melihat iklan pada setiap halaman Web yang
Anda kunjungi.Karena pada saat ini internet merupakan hal yang sudah tak lazim
lagi.Sehingga pada saat ini internet banyak digunakan oleh para produsen untuk
mengiklankan produknya pada internet.karena dengan mengiklankan produknya pada
internet dianggap hal yang paling efisien dan tepat.
Pendahuluan
Iklan adalah segala bentuk presentasi
non pribadi dan promosi gagasan barang atau jasa oleh sponsor terterntu yang
harus dibayar,iklan merupakan cara yang berbiaya efektif guna menyebarkan pesan
baik untuk membangun preferensi maupun untuk pendidikan.Iklan dijaringan
internet saat ini sebenarnya lebih banyak dimanfaatkan oleh mereka yang terjun
ke bisnis terkait seperti Microsoft,Excite,dan yahoo.Saat ini jaringan internet
di Amerika mencapai 1% dari total pengeluaran iklan media,dimana jumlah ini
masih tergolong kecil.
Jenis iklan yang dapa ditayangkan di jaringan internet makin
beragam.Diperkirakan jumlah anggaran iklan di cyberspace ini masih kurang dari
1% dari total belanja iklan di media Indonesia.Beberapa hal yang menjadi
penyebab adalah adanya keraguan terhadap efektivitas iklan melalui media
internet,belum banyaknya pebisnis yang mengerti manfaat internet dalam bisnis
selain komunikasi dan belum banyaknya biro iklan yang memanfaatkan internet
sebaga media alternative beriklan.Saat ini internet masih dianggap komplemen
dan belum isa dianggap pengganti media iklan konvensional yang selama ini kita
kenal.
Karena mudah untuk mencapai segala jenis penonton tentang
segala macam bisnis, kemungkinan penyalahgunaan selalu ada. Berdasarkan iklan
Internet diklasifikasikan menjadi dua jenis iklan, iklan online iklan online
legal dan ilegal. Hukum termasuk iklan online direktori iklan online, iklan
mesin pencari, e-mail iklan, dan iklan desktop. iklan ilegal lebih umum dikenal
sebagai spamming. Hal ini biasanya dilakukan dengan mengubah beberapa
pengaturan sistem dengan bantuan aplikasi eksternal setelah pop-up yang dikirim
ke jaringan tertentu atau komputer. Aplikasi eksternal dikenal sebagai adware
atau spyware. Beberapa benar-benar berbahaya, yang paling terkenal adalah Trojan,
yang sangat sulit untuk menghapus dan dihapus dari sistem.
Dengan peningkatan teknologi, efek khusus yang digunakan
untuk membuat iklan yang lebih menarik. Warna, tata letak halaman yang baik dan
banyak imajinasi yang terlibat. Biasanya Adobe Flash digunakan untuk desain
iklan hari ini. Tergantung pada teknologi yang digunakan untuk desain iklan
dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori.
Iklan Banner adalah animasi ditampilkan di situs web
biasanya dibuat dalam HTML atau Eudora. Ada berbagai jenis dan ukuran iklan.
Trik iklan banner adalah banner iklan yang memiliki fungsi tambahan kotak
dialog dan tombol dan akan ditampilkan sebagai peringatan atau pesan kesalahan.
A pop-up adalah iklan ditampilkan di jendela baru yang
menutupi halaman web yang aktif. Sebuah pop-under iklan terbuka di jendela lain
yang berada di bawah halaman web aktif dan dapat dilihat setelah jendela saat
ini baik ditutup atau diminimalkan.
iklan interstisial adalah mereka yang ditampilkan sebelum mengarahkan ke
halaman yang
diinginkan.
Wallpaper iklan membentuk latar belakang halaman web. Iklan
yang mengapung di layar dikenal sebagai iklan mengambang.
Iklan yang ditampilkan dalam bentuk video pada sebuah situs
web dikenal sebagai iklan video.
Biaya Beriklan
Sebagaimana iklan-iklan lain,iklan
internet perlu menetapkan batas-batasnya.Bila tidak maka anda bias menghabiskan
biaya lebih dari yang anda butuhkan.Penting dicatat bahwa perusahaan tahu apa
tujuan periklanan yang diinginkannya.Penalarannya jelas.Tidak adanya tujuan
evaluasi tujuan mengenai web bias mengarahkan kepersoalan perusakan citra dan
informasi secara besar-besaran.Apabila yang diharapkan dari periklanan
perusahaan tidak bias diartikulasikan dalam pengertian yang paling luas dan
secara sistematis dievaluasi dalam hal ketersampaian dengan media,maka
barangkali tidak ada artinya menggunakan web.Begitu ditentukan bahwa
menggunakan web sebagai wahana beriklan maka hal itu akan betul-betul
menguntungkan perusahaan guna mencapai tujuan.Perhatian manajemen harus beralih
ke web.Mereka perlu memahami aapa itu web dan bagaimana fungsinya,serta harus
menyadari akan pentingnya memiliki komitmen jangka pendek mengenai penayangan
informasi.Hanya dengan begitulah nantinya mereka akan bias memutuskan beberapa
banyak uang akan dibelanjakan untuk beriklan diinternet.
Mentransplantasikan tujuan periklanan
televise kedalam tujuan beriklan di web agaknya tidak akan memadai.Iklan web
diperuntukan bagi dinamika yang berbeda.Televisi,radio,Koran dan majalah
mengandalkan periklanan in-your-face dan penyusupan ke dalam kesadaran
seseorang iklan web bias mempengaruhi orang secara berbeda karena sifat
interaktifnya.Perusahaan perlu menilai apakah mereka memiliki komitmen tenaga
kerja,waktu dan sumber-sumber keuangan yang diperukan untuk tetap ada di web
begitu merek memutuskan mengadopsi web.Celakanya,kurangnya komitmen hanya akan
menjadikan situs web tidak akan membawa perusahaan kemana-mana,atau terpaksa
harus terus-menerus memberitahukan kepada pengunjung bahwa situs web tidak
pernah betul-betul berakhir begitu kita masuk ia perlu perubahan dan dinamika
yang terus-menerus untuk bias menarik pengunjung.
Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan iklan di Internet
Berikut disampaikan aspek-aspek yang
menyebabkan penggunaan internet lebih favorable dan yang unfavorable.Kelebihan
penggunaan internet
1. Pemangkasan
biaya perantara pasar karena pembeli dapat langsung dengan pihak produsen dalam
pembelian barang
2. Peningkatan
efektivitas iklan karena hannya calon pembeli yang benar-bear berminat saja
yang akan membolak-balik halaman iklan di internet
3. Biaa
pemasangan yang masih relative murah
dibandingkan dengan pemasangan iklan di media televisi.Tetapi belum
adanya undang-undang teknologi yang dapat membatasi pertukaran data internet
demi menjaga hak cipta
Kelemahan penggunaan iklan melalui internet:
1. Konsumen
masih ragu dalam pemesanan barang melalui internet karena factor kekhawatiran
dan keamanan dalam mengirim nomor kartu kredit untuk pembayaran.Oleh karena itu
perusahaan e-commerce harus menjamin keamanan nomor kartu kredit
2. Untuk
beberapa jenis produk,konsumen merasakan adanya kekhawatiran apaka barang yang
terlihat dilayar monitor betul-betul persis seperti yang diinginkan,karena
pembeli tidak memiliki kesempatan untuk memperhatikan dengan seksama jenis dan
kualitas barang yang aka dipesan.
3. Kesulitan
akses e-commerce.Tidak semua orang memiliki akses internet dan tidak semua
orang memiliki cukup waktu untuk membolak-balik halaman internet.
4. Bandwidth
yang terbatas yang mengakibatkan lambatnya proses tukar menukar data dan
informasi diantara para pelaku bisnis.
Jenis-Jenis Media Iklan di Internet
Ø Banner
Iklan banner merupakan jenis iklan yang paling lazim
digunakan di internet.Begitu anda melakukan penjelajahan di wahana informasi Super highway tersebut,maka banner akan
ditampilkan berkisar dari 7 hingga 10kb.Semakin kecil ukuran file semakin ia
melakukan loading.Para pengiklan menghabiskan waktu yang tidak sedikit untuk
merancang banner yang mampu menarik perhatian konsumen.Ada dua jenis banner: Keyword banner dan Random banner.Keyword Banner
muncul ketika dilakukan query atas satu kata pembuka dari search engine.Ini
akan efektif bagi perusahaan yang ingin mengerucutkan audien yang menjadi
sasarannya.Random Banner,muncul
secara acak.
Perusahaan-perusahaan yang ingin memperkenalkan produk
baru biasanya menggunakan random banner.sebuah studi yang dilakukan pada tahun
1998 oleh AOL memperlihatkan bahwa 9 dari 10 orang akan merespon iklan-iklan
banner,dan sekitar 50% pemirsa akan mengingat suatu iklan begitu selesai
menyelesaikannya.
Keuntungannya:
Keuntungan menggunakan banner ialah kemampuannya dalam
melakukan kosstumisasi iklan ke audien yang menjadi sasarannya.Orang bisa
memutuskan segmen pasar mana yang akan menjadi fokusnya.Bahkan banner dapat
dikostumisasikan menjadi iklan oneto-one,targeted.Strategi pemasaran force
advertising juga bisa diterapkan ,yang pelanggan dipaksa untk meliatnya,suka
tidak suka.
Kerugian ada pada biaya keseluruhan yang sangat mahal.Kala
perusahaan menginginkan satu kampanye yang sukses,maka ia perlu mengalokasikan
sejumlah besar anggaran iklan agar dapat encapai CPM dalam volume tinggi.Selain
itu,salah satu kerugian menggunakan banner ialah bahwa informasi yang
disampaikan terbatas.Karena itu pengiklan perlu memikirkan pesan krearif yang
pendek untuk menarik perhatian pemirsa.
Ø Banner Swaping
Banner swaping dilakukan bila perusahaan A setuju untuk
menampilkan sebuah banner perusahaan B dengan imbalan perusahaan B juga mau
menampilkan iklan perusahaan A.
Ø Banner Exchanges [Tukar Banner]
Seringkali banner swaping tidak berfungsi karena satu
kesesuaian tidak mungkin dicapai Banner Exchanges biasanya dilakukan dalam
perdagangan yang dilakukan oleh tiga partner atau lebih.Cara kerjanya sama
dengan pertukaran dalam barter biasa.
Ø Iklan Persegi Panjang
Iklan persegi panjang besar berbetuk seperti banner,tetapi
besar.Iklan segi empat ini bersama dengan iklan Skycraper dapat meningkatkan
matrik merek kunci sebesar 40% dibandingkan dengan ukuran baseline
(banner).Iklan persegi panjang besar menjadi lebih efektif kalau dipadukan
dengan tipe iklan Skycraper.
Ø Iklan Skyscraper
Iklan Skycraper berbentuk seperti banner.Jika banner
memanjang secara horizontal,maka skyscraper memanjang secara vertical
Ø Iklan Sponsorship
Bentuk iklan internet yng baru tumbuh popularitasnya
adalah sponsorship pada halaman web.Iklan sponsorship ini menurut survai
internet survai Advertising Bureau menempati nomor dua setelah banner,dengan
pangsa pasar 25%.Perusahaan sponsor memasuki bagian publisher dari halaman web
atau peristiwa tunggal untuk periode waktu yang terbatas,biasanya dihitung
dalam bulan.
Ø Interstitial
Interstitial merupakan iklan yang dinamis pada
internet.Interstitial berbentuk bermacammacam iklan animasi yang muncul dilayar
ketika computer mendiownload situs
web.Tipe interstitial ini meliputi pop-up window,splash
screen,intermecial.hyperstetial,superstetial dan sebagainya.meskipun iklan
interstitial baru mencapai pangsa pasar 2% tapi perusahaan Berkeley system
menyatakan bahwa iklan ini mampu meningkatkan
kesadaran mereka dua kali lipat dibandingkan iklan banner.Demikian juga studi
dari Double-Click,yang menyatakan bahwa
iklan interstitial lebih efektif 194% dalam mendorong suatu merek
Dan masih banyak lagi jenis media iklan yang dapat
digunakan diinternet.
Daftar Pustaka
M.Suyanto.(2003); “Strategi Periklanan Pada E-Commerce
Perusahaan Top Dunia”.Yogyakarta Penerbit: ANDI Yogyakarta.
Firmanasari,Zakiah (2007) “Efektivitas Penggunaan Iklan
Pada Media Internet”.From
Nathan
Jimbro Alie (2010); “Pemanfaatan Internet Untuk Pasang Ikla Bisnis”.From http://karpetbasah.blogspot.com/2010/06/pemanfaatan-internet-untuk-pasang-iklan.html

Tidak ada komentar:
Posting Komentar